Saturday 23 January 2010

Anime Review: Tokyo Magnitude 8.0

Setelah menontonnya selama lebih dari 3 jam nonstop tanpa tidur, akhirnya aku memutuskan untuk membuat review dari anime yang satu ini. Ini adalah review anime pertama ku jadi jika hasilnya masih jelek harap maklum ya ^^

Onozawa Mirai (seiyuu : Satomi Hanamura) merasa bahwa hidupnya tidak berharga sama sekali. Orang tuanya selalu sibuk bekerja dan ia sering dipaksa menjaga adiknya, Onozawa Yuki (seiyuu : Yumiko Kobayashi). Mood Mirai-chan juga selalu bertambah buruk ketika ada saja kesialan yang menimpanya (dan ini cukup sering terjadi). Ketika ia dipaksa mengantarkan adiknya melihat pameran robot di Odaiba, ia menjadi sangat kesal (apalagi ditambah dengan kesialan yang menimpanya). Mirai-chan kemudian dengan gampang mengatakan bahwa dunia sebaiknya hancur saja. Pada saat itu lalu terjadi gempa yang sangat besar (belakangan diketahui bahwa skalanya mencapai 8.0 Richter). Setelah gempa tersebut mereda, Mirai-chan langsung mencari adiknya yang pergi ke toilet. Selama pencairan ini ia bertemu dengan Kusakabe Mari (seiyuu : Yuko Kaida), seorang wanita yang telah ditemuinya sebelumnya. Mirai-chan kemudian berhasil menemukan Yuki-kun dengan bantuan Mari-san. Mereka bertiga kemudian bersama-sama berusaha kembali ke rumah masing-masing dengan selamat. Perjalanan mereka kemudian tidak semulus yang diharapkan. Gempa susulan yang terus terjadi menjadi salah satu faktor penghambatnya. Mampukah Mirai-chan, Yuki-kun dan Mari-san sampai di rumahnya dengan selamat?

Tokyo Magnitude 8.0 merupakan anime yang diproduksi Bones dan Kinema Citrus pada tahun 2009. Kelebihan dari anime yang satu ini terletak dari segi ceritanya yang menarik (tema yang menurutku tidak umum) dan cukup realistis. Selain itu, lagu Opening (Kimi no Uta by Abingdon Boys School) dan Ending (M/elody by Tsuji Shion) dari anime ini juga enak didengar. Yang jelas anime ini mampu membuat aku menonton 11 episodenya secara nonstop (tanpa jeda sama sekali) dan sukses membuatku menangis cukup parah (lebih parah dibanding ketika menonton Clannad~Aftter Story ><). Berikut sedikit snapshot dari Tokyo Magnitude 8.0.



Rating: 8/10